Selasa

Apa itu Ping dan Sping ?????

APA ITU PING ?
Ping bisa dikatakan adalah suatu cara untuk MELAPORKAN web/blog yang telah kita update kepada search engine yang ada di dunia, termasuk Google, Yahoo dan Amazon. Jadi setelah seorang webmaster/blogger selesai mengupdate websitenya/blognya misalnya memasukkan artikel baru maka ping hendaknya dilakukan agar memberitahu search engine bahwa situs kita telah update, sehingga website kita atau khususnya artikel yang baru dimasukkan dapat termuat dalam search engine dan dapat dilihat oleh para pengunjung saat melakukan pencarian kata yang berhubungan dengan website kita atau artikel tadi. Ping bisa dikatakan "percakapan" antara webmaster dan sret enjin semisal Google

Jika anda belum jelas tentang pembahasan PING, ok kita buat kasih contoh tentang PING versi percakapan dunia nyata, seperti ini :

Webmaster/blogger : Halo Paman Google, saya baru memasukkan artikel terbaru yang judulnya "Backlink Gratisan", tolong diperiksa ya, and jangan lupa untuk memasukkan artikel ini ke dalam search engine paman supaya lebih dikenal oleh orang banyak.

Paman Google : Oke, nanti anak buah paman akan cek website kamu.(lalu paman Google mengutus anak buahnya untuk melakukan pengecekan kepada website kita).Beberapa saat kemudian HP paman gugel berbunyi ternyata anak buahnya melaporkan kebenaran info tersebut.

Paman Google : Iya benar ada artikel baru di sana, baik nanti paman coba masukkan, tapi kamu harus turut juga mempromosikan artikel tersebut pada web directory, karena semakin banyak yang baca semakin mudah untuk dikenali.

Webmaster : Oke sobb.. eh paman

Nah seperti itulah gambaran dari ping, sekali lagi fungsi utamanya adalah memberitahukan kepada search engine bahwa website kita telah update. Tulisan yang kita masukkan hendaknya juga merupakan artikel yang menarik yang dapat menarik minat orang untuk membacanya, semakin tulisan tersebut dibaca oleh para pengunjung website kita, maka semakin mudah pula tulisan tersebut ditemukan oleh search engine.


APA ITU SPING ATAU SPAM PING ?
Lalu bagaimana jika kita melakukan ping namun website kita tidak diupdate? Sesuai dengan "percakapan" antara webmaster dan Paman Google di atas maka bisa dikatakan kita "ngerjain" paman Google atau lebih tepatnya "membohongi" paman Google, efeknya adalah website kita akan dicap sebagai SPAM yang dapat membuat website kita tidak dimasukkan dalam search enginenya bahkan bisa-bisa listing website yang kita miliki di search engine dikeluarkan dari search engine... weh jangan dech....

Perlu dicatat juga jangan terlalu sering melakukan ping karena bisa juga dianggap sebagai SPAM, misalnya kita memasukkan 5 artikel dalam 1 hari di website kita, nah pingnya cukup 1 kali saja atau 1 kali dalam 2 hari yang penting website kita telah update.

aku senantiasa melakukan ping di web favoritku, yaitu : http://mypagerank.net/service_pingservice_index
http://www.pingoat.com/
http://pingomatic.com/

Caranya mudah kok, klik salah satu dari 3 pilihan diatas lalu ketikkan url link kita lalu checklist pada beberapa website pilihan kita (pilih semua juga boleh) lalu klik GO selesai deh proses update blog kita.
Semoga bermanfaat buat anda dan saya

Disadur dari : risefa.blogspot